Jurnal Komunikasi Multimedia

Jurnal Komunikasi Multimedia mempublikasikan naskah penelitian orisinil dan/atau ringkasan artikel ilmiah dibidang keilmuan komunikasi dan media, kajian teoritis dalam lingkup keilmuan komunikasi dan/atau aplikasi teoritis terhadap isu terbaru dibidang media atau resensi buku. Penerbitan dilakukan dua kali dalam satu tahun oleh Fakultas Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara.

Setiap naskah yang diterbitkan akan mendapatkan honor penulisan sebesar Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah)

Contact Person:

Harry (081212093787)/ [email protected]

Albertus Prestianta (081388649360)/ [email protected]

 

Cara Memasukkan Naskah

Penulis mengirimkan naskah ke e-mail [email protected] Setelah naskah diterima, dalam 7 hari Editor akan memutuskan apakah naskah lolos atau tidak dalam kualifikasi teknis penulisan.

Sebelum mengajukan naskah, terlebih dahulu penulis diharuskan untuk melakukan konfirmasi atas beberapa hal:

  1. Penulis telah membaca dan melakukan uji materi yang hendak disampaikan.
  2. Teks naskah dan temuan yang dilaporkan seluruhnya adalah hasil karya orisinil penulis dan diakui.
  3. Naskah yang diserahkan atau data yang termuat di dalamnya belum dipublikasikan atau diterima untuk publikasi dalam jurnal lain dan tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain.

Revisi

Naskah dapat dikembalikan ke penulis untuk revisi. Revisi tahap pertama, penulis akan diberikan waktu maksimal 10 hari untuk memperbaiki penulisan apabila tidak lolos proses editing teks tahap awal. Revisi kedua, penulis akan diberikan waktu maksimal 30 hari untuk revisi setelah mendapat komentar pengulas (sidang redaksi) untuk merevisi naskah. Revisi harus diserahkan dalam kurun waktu yang telah diberikan melalui e-mail [email protected] Naskah akan secara otomatis tereleminasi apabila melewati batas tenggat waktu pengiriman kembali.

Format Naskah

Teks naskah dituliskan dalam Microsoft (MS) Word (version 7.0 or later). Naskah diketik dengan Times New Roman dan ukuran (font size) yang sama untuk seluruh naskah font size 12, spasi tunggal, kiri dan kanan sejajar, pada halaman satu-sisi dan di atas kertas A4 (210 mm x 297 mm) dengan margin tepi atas 3,5 cm, tepi bawah 2,5 cm, dan kiri dan kanan masing-masing 2 cm.

Teks naskah (termasuk halaman judul, abstrak, teks utama, dan referensi) diikuti oleh tabel dan gambar harus dalam file kata. Setiap angka harus diberi label dengan nomor angka. Naskah yang tidak sesuai dengan “Format Naskah” dan “Organisasi Penulisan Naskah” akan dikembalikan kepada penulis.

Organisasi Penulisan Naskah

  1. Artikel

Artikel adalah laporan penelitian yang berisikan deskripsi rinci dari penelitian orisinil dan/atau ringkasan artikel ilmiah dibidang keilmuan komunikasi dan media, kajian teoritis dalam lingkup keilmuan komunikasi dan/atau aplikasi teoritis terhadap isu terbaru dibidang media atau resensi buku. Artikel harus terstruktur pada bagian (1) Abstrak (Inggris dan Indonesia), (2) Pendahuluan, (3) Metode, (4) Hasil & Diskusi, dan (5) Referensi.

  1. Judul Artikel

Judul harus spesifik, efektif dan lugas. Organisasi penulisan di bawah ini wajib diikuti:

  1. Judul (kasus judul, font size: 14 pt, bold, centered); Judul harus singkat dan tidak melebihi 20 kata.
  2. Nama Pengarang (font size: 12 pt)
  3. Penulis afiliasi (font size: 10 pt)
  4. Alamat dari lembaga di mana penulis melakukan penelitian (font size: 10 pt)
  5. Nama, alamat e-mail, dan nomor telepon dan fax dari penulis (font size: 10 pt).
  6. Abstrak (font size: 12, bold)

Setiap artikel harus disertai satu paragraf abstrak terdiri dari 200 kata atau kurang. Abstrak tidak harus mengulang informasi yang sudah ada dalam judul. Abstrak harus ditulis dalam bahasa Inggris dan/atau Bahasa Indonesia. Penulisan abstrak tercetak miring.

  1. Kata Kunci (font size: 10, italics)

Segera setelah abstrak, memberikan maksimum 5 kata kunci (keywords) ditulis dalam urutan abjad. Kata kunci bisa berupa konsep-konsep, hindari istilah umum dan singkatan.

  1. Pendahuluan (font size: 12, bold)

Pendahuluan (Introduction) menyajikan tujuan studi/ penelitian/ naskah yang dilaporkan dan mereka dengan karya sebelumnya. Penggunaan referensi atau pengutipan hanya sebagai referensi yang diperlukan untuk memberikan latar belakang yang paling menonjol agar pembaca memahami. Berisikan pula gambaran singkat tujuan studi/ penelitian/ naskah dan hasil penelitian.

  1. Metode (font size: 12, bold)

Metode mencakup informasi teknis yang memadai untuk memungkinkan percobaan dapat dilakukan kembali oleh pembaca. Hanya metode baru harus dijelaskan secara rinci.

  1. Hasil dan Pembahasan (font size: 12, bold)

Bagian hasil dan diskusi harus menjadi interpretasi hasil penelitian. Hasil dan bagian Diskusi dapat digabungkan menjadi satu bagian ketika redundansi besar.

  1. References (font size: 12, bold)

Referensi Bagian harus mencakup semua karya yang dipublikasikan yang relevan, dan semua referensi yang terdaftar harus dikutip dalam teks. Gunakan standar penulisan American Psychological Association (APA) Style.

  1. Tabel

Tabel harus diketik terpisah dari teks utama. Badan atau isi tabel menggunakan font size yang sama dengan spasi single. Setiap tabel harus diberi nomor dengan angka (misalnya, Tabel 1, Tabel 2) dan termasuk judul. Jangan gunakan putusan vertikal di tabel.

 

 

One Comment

  1. Beny Rahman Hakim

    Salam hormat,
    Saya baru saja mengirim naskah jurnal ke alamat email [email protected]. Untuk selanjutunya, apakah ada hal-hal lain yang harus dilakukan atau cukup mengunggu pengumuman dari pihak UMN? Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.