Dosen FIKOM UMN Juara IMRAS 2015

Albertus Magnus Prestianta, Harry, Inco Harry Perdana (dari kiri ke kanan), tiga dari empat dosen yang mewakili Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara untuk melakukan presentasi hasil penelitian di ajang IMRAS 2015.

Albertus Magnus Prestianta, Harry, Inco Harry Perdana (dari kiri ke kanan), tiga dari empat dosen yang mewakili Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara untuk melakukan presentasi hasil penelitian di ajang IMRAS 2015.

Empat dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara menjadi juara dalam The 2nd Indonesia Media Research Awards & Summit (IMRAS) yang diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat di Yogjakarta, Rabu (7/10). Keempat dosen FIKOM UMN itu adalah Adi Wibowo Octavianto, FX Lilik Dwi Mardjianto, Albertus Magnus Prestianta, dan Harry Febrian.

Keempat dosen tersebut menang setelah mempresentasikan dua penelitian tentang new media.

Adi Wibowo, FX Lilik , dan Albertus Magnus tergabung dalam satu tim yang membuat penelitian berjudul “Praktik Newsroom Terkonvergensi di Indonesia (Studi Kasus Terhadap Tempo Inti Media)”. Penelitian ini mendapat predikat Juara 1 untuk kategori Media Online. Juara 2 dan Juara 3 untuk kategori ini adalah peneliti dari Universitas Bakrie dan Universitas Bunda Mulia, Jakarta.

Sementara itu, Harry Febrian menjadi pemenang pilihan penyelenggara melalui penelitian berjudul “Spektrum Interaktivitas Penggunaan Facebook oleh Kompas.com untuk Menjaga Interaktivitas Pembaca”. Harry menjadi pemenang untuk kategori ini bersama peneliti dari Universitas Al Azhar Indonesia dan Universitas Diponegoro, Semarang.

IMRAS 2015 juga menjadi ajang presentasi hasil penelitian kategori Media Cetak dan Media Sosial. Peneliti dari Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Negeri Gorontalo menjadi pemenang di dalam kategori Media Cetak. Sementara itu, peneliti dari Universitas Indonesia, Universitas Bakrie, dan Universitas Islam Bandung menjuarai kategori Media Sosial.

IMRAS 2015 mengusung tema Tren Pola Konsumsi Media di Indonesia Tahun 2015. Sebanyak 52  makalah hasil penelitian dari 78 dosen/peneliti ilmu komunikasi yang berasal dari 37 perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia dipresentasikan dalam kegiatan tersebut.

Pada penyelenggaraan IMRAS kedua ini Fakultas Ilmu Komunikasi Univesitas Multimedia Nusantara mengikutsertakan empat makalah penelitian untuk kategori media online. Keempat makalah tersebut adalah:

  1. Praktik Newsroom Terkonvergensi di Indonesia (Studi Kasus Terhadap Tempo Inti Media). Peneliti : Adi W. Octavianto, FX Lilik , dan Albertus Magnus
  2. Spektrum Interaktivitas Penggunaan Facebook oleh Kompas.com untuk Menjaga Interaktivitas Pembaca. Peneliti: Harry
  3. Popcorn Time: Dualisme Dalam Teknologi Media Online. Peneliti: Inco Harry Perdana
  4. Jurnalisme Online: Dimensi Evaluatif Berita Pasca Eksekusi Mati Terpidana Narkoba Dalam Fokus “Setelah Bedil Menyalak” CNN Indonesia. Peneliti: Albertus Magnus

Menurut informasi di laman Serikat Perusahaan Pers, dewan juri menetapkan pemenang IMRAS dalam rapat pleno pada 30 September 2015   di kantor Serikat Perusahaan Pers Pusat, Jakarta. Rapat pleno itu dipimpin oleh Ketua Dewan Juri , Prof. Dr. Sasa Djuarsa Sendjaja (Universitas Indonesia) dan dihadiri oleh para anggota dewan juri, yaitu Nasihin Masha (Pengurus SPS Pusat/Pemimpin Redaksi Harian Republika), Dr. Eriyanto (Penulis & Peneliti LSI),  Arief Prabowo (VP Corporate Communication PT Telkom) dan Dr. Irwa Zarkasi, M.Si (Universitas Al-Azhar Indonesia).

Seluruh pemenang IMRAS 2015 akan diundang untuk menerima penghargaan pada 27 Oktober 2015 di Yogjakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.